PERAMBAN WEB ( WEB BROWSER )

Assalamuallaikum teman-teman, apa kabar? semoga selalu sehat ya. Teman-teman tentu sudah mengenal internet. Internet adalah jaringan komputer yang dapat dilihat secara global, dapat saling berkomunikasi, dan menyimpan serta menghasilkan berbagai jenis informasi.

Teman-teman dapat mengakses internet, dimana saja, kapan saja, asalkan terhubung dengan jaringan internet.

  1. Pengertian Peramban Web

Peramban web merupakan sebuah aplikasi atau perangkat lunak yang dapat digunakan untuk melakukan proses interakasi dengan menggunakan berbagai macam tampilan dalam bentuk teks, gambar, video, permainan atau informasi sejenisnya pada World Wide Web ( disingkat WWW atau disebut juga web ) yang dapat diakses melalui alamat URL tertentu.

Kegunaan peramban web :

  • memberikan kemudahan untuk mencari segala sumber informasi, yaitu dalam proses pencarian situs-situs sesuai dengan kebutuhan menggunakan mesin pencari ( search engine ).
  • Melakukan proses penyimpan file dan informasi

Contoh peramban web yang sering digunakan :

  • Microsoft Edge ; peramban web buatan Microsoft pengganti dari Interet Explorer yang ada pada sistem operasi Windows versi sebelumnya.
  • Mozilla Firefox ; peramban web turunan dari Netscape Navigator dengan desain yang simple dan keamanan yang baik.
  • Google Chrome ; peramban web buatan Google yang terintegrasi dengan akun Google.
  • Safari ; peramban web yang terintegrasi dengan sistem operasi Mac OS.  Safari memiliki fasilitas Really Simple Syndication ( RSS ) feed yang dapat digunakan untuk membaca konten dari sebuah website.
  • Operas ; peramban web yang memiliki banyak fitur unik integrasi, seperti pemblokir iklan ( ad blocker ), Virtual Private Network ( VPN ) gratis, berita pribadi ( personal news ) dan messenger.
IKON PERAMBAN WEB YANG POPULER DIGUNAKAN DARI KIRI KE KANAN : MICROSOFT EDGE, MOZILLA FIREFOX, GOOGLE CHROMRE, SAFARI, OPERAS

2. Fitur-fitur Dasar Peramban Web

Contoh fitur pada mozilla firefox berikut ini ( pada dasarnya, pada peramban web yang lain fungsi nya sama namun namanya kadang berbeda ) :

a. Bilah alamat ( address bar ), merupakan kolom yang digunakan untuk mengetikkan atau menginputkan alamat situs atau URL yang akan dituju. biasanya teman-teman cukup mengetikkan nama domain situsnya tanpa perlu menambahkan protokol http:// atau https://. Misalnya untuk membuka situs smp 5 magelang, cukup mengetikkan smpn5mgl.sch.id, tekan enter.

b. Bilah pencarian ( search bar ) ; kolom yang digunakan untuk melakukan pencarian menggunakan mesin pencari ( search engine ) tertentu. contoh mesin pencarian , Google, Yahoo, Bing, dan DuckDuckGo

c. Tombol beranda ( Home ) : digunakan untuk kembali ke halaman beranda.

d. Tombol Back dan Forward : digunakan untuk navigasi antarhalaman yang dibuka. Tombol Back digunakan untuk kembali ke halaman sebelumnya yang sudah diakses. Tombol Forward digunakan untuk menuju ke halaman setelahnya ( sebelum menekan tombol Back )

e. Tombol Refresh atau Reload , digunakan untuk memuat halaman web yang sedang dibuka.

f. Tombol Stop : digunakan untuk membatalkan ( loading ) halaman.

g. Tabbed Browsing : fitur untuk membuka banyak halaman atau situs sekaligus dalam beberapa tab.

h. Markah ( bookmark ) : fitur untuk mencatat alamat URL.

3. Fitur Tingkat Lanjut pada Peramban Web

a. Pengaya ( extension/add-ons ) : merupakan aplikasi tambahan untuk meningkatkan fungsionalitas dari sebuah peramban web. contoh, untuk mengurangi iklan pada halaman web, kamu dapat menggunakan pengaya ad-blocker.

b. Browser Synchronization : merupakan fitur layanan untuk menyinkronkan histori dari alamat URL yang pernah kamu kunjungi.

c. Developer Tools : merupakan fitur yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah yang terjadi pada aplikasi web dengan melakukan proses debugging.

d. Private Browsing ( In Cognito ), adalah fitur untuk menjelajahi internet tanpa meninggalkan jejak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

-->