Berpikir komputasi-1

Dalam melakukan kegiatan sehari-hari, kita selalu menggunakan akal untuk berpikir.  Pasti kamu pernah membuat mie instan bukan? Coba kamu ingat-ingat, ketika memasak mie instan menggunakan panci/wajan, pasti ada tahapan atau prosesnya bukan?.

Untuk memasak mie instan, langkah apa saja yang harus kamu lakukan?

Menyiapkan mie instan ( rebus ), menuangkan air pada panci,hidupkan kompor dan  masak air hingga mendidih, masukkan mie instan tunggu hingga kurang lebih 3 menit, tuang mie ke dalam mangkok, tuang bumbu, aduk, siap hidangkan. Semua tahapan ini dikategorikan sebagai berpikir dengan tahapan atau dalam Bahasa pemrograman disebut sebagai algoritma.

  1. Definisi Berpikir

Berpikir merupakan suatau kegiatan yang dilakukan dengan tujuan untuk memecahkan suatu masalah ( problem solving ), atau istilah umumnya disebut dengan think for problem solving yaitu berpikir untuk memecahkan suatu masalah yang dihadapi.

Berpikir dapat dilihat dari dua sisi :

Berpikir secara asosiatif, merupakan kegiatan berpikir yang dilakukan untuk memecahkan suatu masalah namun memiliki ide-ide kreatif lain atau beberapa alternative yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah yang dihadapi.

Berpikir secara terarah, merupakan kegiatan berpikir yang dilakukan untuk memecahkan suatu masalah dan sudah diarahkan dengan cara-cara tertentu untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi.

  • Berpikir komputasional

Berpikir komputasional merupakan proses kegiatan yang dilakukan oleh manusia dengan menggunakan logika.  Berpikir komputasional dilakukan melalui proses berupa tahapan atau langkah-langkah yang sering disebut sebagai algoritma.

Contoh sederhana dalam berpikir komputasional membuat kopi, membuat teh, memperbaiki ban bocor, memasak nasi, dan lain-lain. Lalu apa contoh berpikir komputasional pada bidang komputer? Contoh sederhananya adalah belajar dan berpikir untuk memahasi segala jenis perangkat lunak pengolah kata ( Ms Word ), pengolah database ( Ms Access ), pengolah angka ( Ms. Excel ) dan pengolah presentasi ( Ms Powerpoint ).

Keuntungan berpikir komputasional :

  1. Dapat menyelesaikan maslaah secara lebih efektif
  2. Dapat memilih langkah-langkah atau cara yang tepat dalam menghadapi masalah dan kemudian menyelesaikannya
  3. Dapat memberikan solusi dengan menghasilkan sebuah keputusan yang sesuai.
  4. Dapat digunakan sebagai arah maju ke depan untuk rencana berikutnya dengan berbagai langkah yang telah dilakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

-->