#2 TIPE DATA C++

Assalamuallaikum wr wb, teman-teman, pembahasan kita kali ini mengenai tipe data pada C++, disini saya hanya fokus menyampaikan 4 tipe data C++ ( sebenarnya ada lagi sih, tapi 4 dulu saja ya, nanti pusing 😀 )

  1. int : tipe data int berfungsi untuk menampung data bertipe bilangan/angka bulat. contoh bilangan bulat kan 1,2,3,4,5 dan seterusnya ya. Untuk penulisan pada kode program C++ , setelah teman-teman ketik int pasti ada variabel nya, contoh nya seperti dibawah ini :
Sumber : dokumen pribadi

Penjelasan :

jadi teman-teman fokus setelah tanda kurung kurawal atau yang ini { . disitu ada tulisan int a = 4;

int = tipe data

a = variabel

untuk tanda = itu termasuk operator

untuk angka nya , karena int itu untuk bilangan bulat, maka teman-teman harus ketik yang tidak ada koma nya. terserah mau berapa aja. itu hanya contoh saja dalam penulisan tipe data int.

cout = perintah yang digunakan untuk melakukan keluaran. Dalam penulisan cout , harus dituliskan juga tanda kurang dari sebanyak 2 kali ( << ) , kemudian yang di dalam tanda petik itu lah string berupa kalimat yang akan dikeluarkan/ditampilkan.

<<a = berfungsi untuk memanggil variabel yang sudah kita ketikkan.

2. double : tipe data double berfungsi untuk menampung data berupa pecahan desimal.

Sumber : dokumen pribadi

hampir sama ya dengan int, didalam contoh, variabel nya adalah b. untuk penulisan pecahan desimal dalam kode program c++ tidak menggunakan tanda koma, tapi titik.

3. char : menampung data berupa karakter , dan yang akan ditampilkan adalah karakter yang paling akhir.

Sumber : dokumen pribadi

4. String : menampung data berupa text

Sumber : dokumen pribadi

oke teman-teman itu dia 4 tipe data pada c++ ( sebenarnya lebih ya , tapi fokus ke 4 tipe data ini aja dulu ya ), untuk lebih jelassssnya teman-teman bisa lihat di video dibawah ini, jangan lupa subscribe ya 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

-->